dampak globalisasi

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Secara Umum

Posted on

DAMPAK POSITIF DAN NEGATIF GLOBALISASI – Arus globalisasi telah melanda di berbagai penjuru dunia. Salah satu dampaknya terjadi pada bidang sosial dan budaya suatu bangsa. Awalnya, globalisasi hanya dapat dirasakan di beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Namun, seiring dengan kemajuan teknologi, komunikasi, informasi dan transportasi, globalisasi akhirnya telah menyebar ke di berbagai kota Indonesia.

Apa Saja Pengaruh Dampak Positif dan Negatif Globalisasi?

Saat ini, masyarakat Indonesia pastinya akan sulit untuk terhindar dari derasnya arus era globalisasi mengingat pola kehidupan manusia yang semakin hari semakin modern di setiap bidang. Akibatnya, perubahan drastis pada setiap aspek manusia terjadi seiring dengan canggihnya teknologi informasi telekomunikasi, tatanan ekonomi pasar bebas serta tingkat kompetitif dan efisiensi yang tinggi di berbagai bidang.

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi Ekonomi di Indonesia

Kiblat era globalisasi saat ini berpihak pada negara-negara maju baik di Asia maupun Eropa bahkan Afrika, seperti Tiongkok, Amerika, Rusia, Jepang dan berbagai negara maju lainnya. Suka atau tidak, bangsa Indonesia kini harus mengikuti perkembangan beberapa negara maju baik di bidang ekonomi maupun teknologi agar bangsa ini tidak ketinggalan bangsa-bangsa lainnya.

Indonesia sendiri merupakan sebuah negara yang sebagian besar sektor ekonominya berbentuk UMKM. Tak heran jika hal tersebut malah akan mempersulit ekonomi indonesia itu sendiri untuk memasuki pasar global. Pasalnya, UMKM memiliki keterbatasan pada sektor modal dan teknologinya.

Jika hal ini masih berlanjut dan indonesia tidak mampu menghadapi persaingan perdagangan global di masa yang akan datang, maka hampir dapat dipastikan Indonesia akan lebih bergantung pada kekuatan ekonomi negara lain yang lebih maju. Persaingan global tentunya akan menghasilkan kemenangan bagi mereka yang kuat. Di sisi lain, kekalahan akan menimpa bagi mereka yang lemah dalam persaingan ekonomi.

Contoh Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Tiap perubahan pastinya akan membawa dampak positif jika kita mampu memfilter atau menyaring mana yang baik dan salah. Namun berbeda halnya jika kurang mampu untuk memfilter mana yang baik untuk diri kita, bisa jadi efek negatif dari globalisasi akan berimbas kepribadian kita masing-masing.

Berikut ini contoh dampak positif dan negatif Globalisasi bagi bangsa Indonesia yang bisa kamu pelajari jika ada soal yang membahas mengenai dampak positif dan negatif globalisasi.

Dampak Positif Globalisasi

Dampak positif dari globalisasi kini mulai terasa di berbagai sektor yang ada di Indonesia. Bahkan seluruh penjuru kota di Indonesia pun satu per satu berubah menjadi lebih modern berkat adanya globalisasi. Lantas,  apa saja dampak positif globalisasi Indonesia lainnya? Ini liputannya 😀

1. Akses Informasi yang Semakin Terbuka

Dampak Positif Globalisasi Terhadap Informasi

Era Globalisasi ditandai dengan kemudahan akses terhadap informasi yang semakin terbuka lebar. Kini masyarakat bisa memperoleh berbagai informasi melalui berbagai media, seperti televisi, internet, sosial media dan lain sebagainya. Hal inilah yang membuat pola pikir masyarakat semakin terbuka, cerdas dan kritis dalam bertindak.

2. Komunikasi Semakin Murah, Mudah dan Cepat

Kemajuan Komunikasi Semakin Murah

Dahulu, orang tua kita (pasti bukan nenek moyang kita 😀 ) membutuhkan waktu berhari-hari demi bisa menunggu balasan surat dengan antar kerabatnya yang ada di luar negeri. Namun sekarang era tersebut telah usang, masyarakat lebih memanfaatkan penggunaan media komunikasi yang murah dan cepat seperti telepon, internet dan sosial media lainnya.

3. Ilmu pengetahuan dan Teknologi Semakin Berkembang

Dampak Positif Globalisasi Kemajuan Teknologi dan Ilmu Pengetahuan

Globalisasi memungkinkan para cendekiawan Indonesia untuk memperoleh sarjana atau sekedar pengalaman magang di negeri orang seiring dengan semakin berkembangnya ilmu pengetahuan dan teknologi. Diharapkan dengan adanya perkembangan ini mereka dapat mengaplikasikan ilmunya bagi kepentingan bangsa dan negara Indonesia.

4. Pertumbuhan Ekonomi Indonesia Meningkat

Dampak Positif Globalisasi Terhadap Ekonomi

Hal ini berkaitan dengan neraca perdagangan Indonesia yang terbilang baik. Disisi lain nilai ekspor dan impornya relatif seimbang, Indonesia juga selalu dilirik oleh para investor dunia sebagai tempat terbaik untuk berinvestasi di berbagai sektor, seperti pertambangan, pertanian dan industry.

5. Kesejahteraan Taraf Hidup Masyarakat Semakin Maju

Dampak Globaliasasi Terhadap Kesejahteraan

Dewasa ini, tak sedikit masyarakat Indonesia yang berkerja di luar negeri demi membiayai mencukupi kebutuhan pokok keluarganya. Meskipun begitu, sudah selayaknya jika era globalisasi ini harus diimbangi dengan pendidikan yang berkualitas serta berkarakter.

Dampak Negatif Globalisasi

Setelah kita mengetahui dampak positif diatas, dapat disimpulkan bahwa bangsa Indonesia memiliki cukup potensi untuk bertahan mengatasi persaingan globalisasi. Namun, disisi lain globalisasi juga membawa dampak buruk bagi masyarakat Indonesia, khususnya pada moral tiap individunya. Berikut ini beberapa dampak negatif globalisasi secara lengkap dan jelas.

1. Bergaya Ala Kebarat – baratan

Dampak Negatif Globalisasi

Menjamurnya budaya barat di Indonesia seolah mengurangi rasa nasionalisme yang harus ada pada setiap warga negara Indonesia. Nyatanya, saat ini berbagai budaya barat telah diadopsi di Indonesia, Namun berbanding terbalik dengan keadaan masyarakat Indonesia yang jarang melestarikan budayanya sendiri.

2 . Sikap Individualisme yang Mendominasi

Individu Dampak Globalisasi

Saat ini, kita terlalu bergantung pada bantuan alat untuk mempermudah aktifitas sehari-hari seolah-seolah merasa tanpa perlu lagi bantuan dari manusia. Akibatnya, karakter manusia semakin hari semakin individualistik.

Namun pada hakikatnya, manusia memang tercipta sebagai mahluk sosial. Sayangnya, kemajuan teknologi yang tidak diimbangi dengan sosialisasi mengakibatkan karakter manusia menjadi cenderung individualistis.

3. Sifat Konsumtif Berlebihan

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Sifat konsumtif masyarakat Indonesia membentuk sebuah pola belanja mereka bukan dari sesuatu yang dibutuhkan, melainkan apa yang mereka inginkan. Kemudahan akses dalam berbelanja serta menbanjirnya berbagai produk asing menyebabkan pola hidup konsumtif semakin menjadi-jadi.

4. Hilangnya Rasa Cinta Terhadap Produk Lokal Dalam Negeri

Dampak Positif dan Negatif Globalisasi

Saking banyaknya produk luar negeri yang membanjiri Indonesia, maka hilanglah sudah rasa cinta terhadap produk dalam negeri. Hal tersebut pastinya akan berdampak terhadap perekonomian dalam negeri yang semakin menurun pada pendapatan tiap warga negaranya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.