Rett Syndrome
shruti.co.in

Pengertian Anak Autis dan Jenisnya Menurut Para Ahli

Posted on

Seringkali orang awam mengira bahwa autis merupakan penyakit kejiwaan, padahal tidak. Pada hakikatnya, autis diakibatkan suatu gangguan yang terjadi pada otak. Sehingga otak pun menjadi tidak berfungsi secara normal.

Indikasi autisme bisa dilihat semenjak ia berusia 30 puluh bulan semenjak kelahiran. Lebih dari itu, maksimal hingga berusia 3 tahun. Penyandang autisme seringkali mengalami kesulitan dalam komunikasi, bahasa dan belajar.

Kelainan autisme di Amerika Serikat empat kali lebih banyak terjadi pada anak laki-laki daripada anak perempuan. Biasanya lebih penderita lebih banyak berasal dari keturunan Eropa Amerika.

Di tanah air sendiri, setidaknya ada 112.000 anak penderita autis dalam kisaran usia antara lima hingga sembilan belas tahun pada 2013. Berdasarkan data UNESCO di tahun 2013, hampir dari 6:1000 jiwa di seluruh dunia telah mengidap autisme.

Pengertian Autisme Menurut Para Ahli

Pengertian Autis Menurut Para Ahli
healthtips25.com

Apa itu autis? Arti autis adalah penyakit atau kelainan perkembangan sistem saraf kompleks pada seseorang yang disebabkan oleh faktor hereditas. Sehingga mengurangi kemampuan sang anak dalam berinteraksi sosial, berkomunikasi dan berperilaku terbatas.

Autism Spectrum Disorder (ASD) bukan hanya autisme saja, namun juga meliputi sindrom Heller, sindrom Asperger dan gangguan perkembangan pervasif (PPD-NOS)

Seseorang dianggap menderita autisme jika ia mengalami satu atau lebih dari karakteristik sebagaimana berikut:

  • Mengalami kesulitan saat berinteraksi sosial secara kualitatif
  • Sering menunjukkan perilaku yang berulang-ulang
  • Perkembangan menjadi terlambat (abnormal)

Dalam sejarahnya, tak sedikit para peneliti dan ahli dalam bidang autisme mengaku sulit memastikan apakah seorang tersebut merupakan penderita atau bukan. Mulanya, diagnosa hanya bersandar pada muncul atau tidaknya gejala,

Jenis Autis

Di bawah ini terdapat lima jenis autisme menurut Autism Society of America

1. Jenis Autis Sindrom Asperger

Jenis Autis Sindrom Asperger
cosmopolitanfm.com

Pada jenis autis ini, terdapat sebuah gangguan yang ditandai dengan defisiensi interaksi sosial sekaligus kesulitas saat melakukan perubahan rutinitas. Tidak ada gangguan kemampuan bahasa jika dibandingkan dengan gangguan lain.

Sehingga sangat memungkinkan untuk memiliki kecerdasan rata-rata, bahka di atas rata-rata. Baik secara akademik maupun non-akademik tidak ada masalah.

Biasanya, anak penderita sindrom asperger tidak terlalu sensitif terhadap rasa sakit. Akan tetapi mampu mengatasi sinar lampu yang terang secara tiba-tiba atau paparan suara keras.

2. Jenis Autis Autistic Disorder

Jenis Autis Autistic Disorder
wclub.ru

Seringkali disebut sebagai true autism atau childhood autism karena perkembangannya sebagian besar berawal dari usia anak tiga tahun. Dalam sebagian besar contoh kasus autis, penderita jenis autis ini tidak mampu berbicara seperti layaknya anak biasa.

Sehingga ia hanya bergantung pada komunikasi non-verbal saja. Keadaan tersebut secara langsung dapat menyebab anak autis cenderung acuh tak acuh dan keluar terhadap lingkungan sosialnya.

3. Jenis Autis Pervasif Development Disorder

Jenis Autis Pervasif Development Disorder
autism.wikia.com

Umumnya, jenis autis pervasif development disorder dapat didiagnosis pada usia anak 5 tahun. Tingkat keparahannya bisa mulai dari yang ringan, sampai ketidakmampuan secara ekstrim.

Penderita mengalami gangguan pada keterampilan verbal dan non-verbal efektif. Sehingga ia kurang mampu berkomunikasi dengan orang sekitar.

4. Jenis Autis Childhood Disintegrative Disorder

Autis Childhood Disintegrative Disorder
howcast.com

Gejala autis ini muncul pada anak yang berusia sekitar 3 hingga 4 tahun. Dalam dua tahun awal, perkembangan anak terlihat biasa saja alias normal.

Selanjutnya terjadilah regresi secara tiba-tiba dalam komunikasi bahasa, sosial sampai keterampian motorik. Penderita autis tersebut akhirnya mulai keluar dari semua lingkup sosial karena keteramplian yang sebelumnya sudah diperoleh menjadi berkurang.

5. Jenis Autis Rett Syndrome

Rett Syndrome
shruti.co.in

Jenis autis ini disebabkan oleh mutasi pada urutan suatu gen tunggal. Khususnya bagi anak perempuan sampai wanita dewasa yang terindikasi oleh adanya abnormal dalam pertumbuhan ukuran kepala.

Hal tersebut bisa diamati dari adanya kehilangan kendali otot yang menyebabkan masalah saat berjalan maupun mengendalikan gerakan mata.

Keterampilan motorik menjadi terhambat sehingga mengganggu pada tiap gerakan tubuh. Cenderung melakukan gerakan kaki dan tangan yang berulang-ulang karena mengalami perkembangan stereotip.

Jangan Lewatkan..

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.